Jumat, 24 Agustus 2012

"pingin muroja'ah, tapi..."


(untuk memperbesar tampilan gambar, klik pada gambar)

Ini salah satu yang sering dikeluhkan teman-teman di jejaring sosial. Saya pingin mengkritik dikit ya, tapi saya mohon maaf kalo mungkin rada kejam (yang biasa pantengin blog ini pasti udah tahu gaya kritik dan nyindir saya, jadi sebelumnya saya mohon maaf dulu). Ini juga sebagai introspeksi untuk saya pribadi...

SATU, kalo memang ada gangguan, ya PINDAH TEMPAT AJA. Jangan suka besar-besarin masalah kecil. Tar kalo giliran masalah besar yang datang, jadi berabe lho.

DUA, membuat jejaring sosial sebagai sarana dakwah tuh gak sama artinya dengan nunjukin ke seluruh dunia setiap amalan baik atau ibadah yang kita lakukan. Yang pertama hal yang bagus, yang terakhir berpotensi besar buat riya' (atau bikin orang lain jadi berpikir kalo kita riya'). Baru shalat Jum'at, apdet. Mau shalat malam, apdet. Bahkan baru niat buat muroja'ah aja apdet (contoh di atas tuh). Gak usah ngomong. Lakuin. That's all that matters...

Kayaknya segitu dulu aja deh. Mesti introspeksi diri nih...

2 komentar:

  1. "Yang pertama hal yang bagus, yang terakhir berpotensi besar buat riya' (atau bikin orang lain jadi berpikir kalo kita riya'). Baru shalat Jum'at, apdet. Mau shalat malam, apdet. Bahkan baru niat buat muroja'ah aja apdet..."
    maaf sblumnya mbak, mksdnya itu gmna ya kurang jelas soalnya. ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya, jejaring sosial itu sebaiknya jangan dijadiin ajang pamer amal. Misal, kalo mau apdet tentang keutamaan shalat malam dan ajakan untuk mendirikannya, gak ada salahnya kan apdet di siang bolong. Itu bisa jadi lebih baik daripada apdet tengah malam 'aduh, mau shalat malam, airnya dingin banget...' atau 'target shalat malam 5x seminggu akhirnya terlampaui :D'. Seluruh dunia gak perlu tahu kok malam itu kita shalat malam apa gak. Bukan apa-apa, khawatir jadi riya' aja. Gitu maksudnya :)

      Hapus