Proses Pembuatan

Karena banyaknya request yang meminta saya untuk menampilkan proses pembuatan komik-komik di blog ini dari hulu sampai hilir, saya pun memutuskan untuk membuat laman khusus ini. Siap-siap, karena ini proses yang puanjaaang…! :D

Seperti yang saya jelaskan di laman Tentang Blog Ini, semua komik yang ada di sini digambar manual. Jadi, pertama-tama, yuk kita kenalan dulu sama alat-alat yang saya pakai.

  
Dari kiri ke kanan: pensil mekanik, penghapus, drawing pen 0.7 (jarang saya pakai), drawing pen 0.2, pensil warna Faber Castell, pensil warna Staedler, spidol Snowman isi 24. Ada juga penggaris 18cm dan rautan pensil (warna), tapi lupa difoto. Untuk kertas, saya pakai HVS folio atau A4.

-------------------------------------------------

Sudah kelar kenalan, sekarang kita langsung masuk ke proses pembuatan. Keseluruhan proses dari awal sampai akhir (kecuali sketsa kasar) memakan waktu 1-3 hari, dan ini sudah termasuk masa bosan, leha-leha, dan stress karena gak dapat ide >_<

        1.     Sketsa Kasar

Jika saya menyebutkan ‘sketsa kasar’, itu maksudnya gambar tersebut sudah saya corat-coret di Buku Ide dan secara garis besar itulah kira-kira yang akan saya buat. Tahap ini adalah tahap paling pertama dari proses pembuatan komik, dan saya melakukannya di waktu senggang.

ini contoh sketsa kasar di Buku Ide

        2.     Sketsa di Kertas HVS

Saat stok gambar sudah menipis dan waktunya untuk membuat yang baru, saya akan buka-buka Buku Ide dan menggambar beberapa di antaranya di kertas HVS folio atau A4. Ini proses yang makan waktu paling lama, paling cepat setengah hari, paling lama bisa dua hari, tergantung kerumitan konsep gambar dan stok sketsa di Buku Ide (kalo ternyata stoknya kurang, saya mesti mikir dulu buat cari ide, dan ini yang bikin lama).

sketsa kasar tadi ‘disalin’ ke kertas HVS
bisa ada 10-20an gambar dalam satu kertas (hemat kertas :) )

Salah satu yang jadi kebiasaan saya, setelah sketsa kasar tadi disalin ke kertas HVS, sketsa di Buku Ide tersebut akan saya coret dengan stabilo kuning sebagai penanda bahwa gambar tersebut sudah saya buat. 
coreeeeet…. grak!

        3.     Penebalan dengan Spidol dan Drawing Pen

Setelah kertas kerja penuh dengan gambar, saya akan mulai proses penebalan dengan spidol dan drawing pen. Hal paling pertama yang saya lakukan dalam proses ini adalah testing warna di kertas coretan. Ini penting buat menentukan warna apa buat gambar yang mana, juga biar gak ada warna yang nabrak sama warna sebelahnya.

testing, testing, satu, dua, tiga…

Setelah semua testing selesai, dimulailah proses penebalan. Saya pakai spidol untuk menebalkan gambar, sedangkan drawing pen untuk menebalkan tulisan (kadang fungsi keduanya bisa berbalik, tapi umumnya seperti itu).

ah, Nisa emang anak baik. Nebelinnya gampang :)

pas giliran Aini, saya jadi bingung gimana nebelinnya (bunganya bikin pusing :( )

nebelin bunganya bikin saya agak nyesal udah milih bunga krisan…

tapi, alhamdulillah, selesai juga… T_T

ini penampakan gambar yang selesai ditebelin dan garis pensilnya sudah dihapus

        4.     Pewarnaan

Ini proses yang paling saya suka karena saya bisa main warna. Proses ini juga cuma makan waktu 2-4 jam, tergantung kerumitannya. Ada dua jenis proses pewarnaan yang saya lakukan. Untuk gambar biasa, saya akan langsung mewarnai dengan warna-warna solid, sedangkan untuk gambar SPECIAL EDITION, saya melakukannya dalam dua tahap: tahap warna dasar dan tahap gradasi.

tahap warna dasar

tahap gradasi

yes, Alhamdulillah. Semuanya sudah kelar diwarnai! :D

Sampai di tahap ini, proses pembuatan manual pun beres :) Sekarang kita masuk ke tahap scanning dan editing.

        5.     Scanning

Yang rajin baca blog ini pasti sudah paham kalo sampai saat saya nulis ini, saya belum punya scanner sendiri. Jadi, alternatif yang saya punya adalah pinjam scanner teman atau scan di warnet. Beda scanner, beda hasil scan-nya, beda pula hasil jadinya. Jadi jangan heran kalo kualitas komik di blog ini dari awal sampai sekarang beda-beda karena scanner yang beda-beda tadi.

        6.     Ubah JPEG à Bitmap

Proses yang baru muncul di komik ke 360. Gak neko-neko, saya pakai Paint buat ubah gambar JPEG hasil scanner tadi ke Bitmap. Tinggal buka di Paint, ‘Save As’, tipenya diganti dari JPEG ke Bitmap, selesai :)

        7.     Proses dengan Ms. Office Picture Manager

Gak, saya gak pakai Corel. Gak, saya gak pakai Photoshop. Gak, saya gak pakai software-entah-apa-itu-namanya-saya-kok-baru-dengar. Saya pakai Ms. Office Picture Manager dan Paint.

Pertama-tama, Ms. Office Picture Manager.

ini dia penampakannya

Cukup klik ‘Edit Pictures…’ di sebelah atas, dan kolom pilihan di sebelah kanan akan muncul. Saya biasanya pakai ‘Crop’ buat motong-motong gambar, ‘Brightness and Contrast’ buat atur terang-gelap dan kontras (berguna banget buat hasil scan yang parah), juga ‘Rotate and Flip’ kalo gambarnya ada yang perlu diputar.


Yang di atas ini tampang kalo kita pilih ‘Crop’. Pilih gambar, klik ‘OK’ di pojok kanan bawah, Ctrl+S.


Kalo yang di atas ini tampang kalo kita pilih ‘Brightness and Contrast’. Pilih pengaturan ‘Brightness’, ‘Contrast’, sama ‘Midtone’ yang sesuai, Ctrl+S. Hasil jadi gambar di blog bergantung sama pengaturan di sini, apalagi buat hasil scan yang parah. Saya pakai ini setelah gambar selesai di-crop.


Yang ini tampang kalo kita pilih ‘Rotate and Flip’. Pilih ‘degree’ yang sesuai, Ctrl+S. Saya gak gitu suka pakai ini karena bikin gambar jadi buram (mesti ngatur ‘Brightness’ dan ‘Contrast’ lagi, itu pun gak maksimal), jadi kalo gak bener-bener penting gak saya pakai.

        8.     Proses dengan Paint


Hapus kotoran, edit gambar yang agak ‘cacat’, kopas hiasan, tambahin tulisan, semuanya pakai Paint.

        9.     Pemberian Logo

Beres semua, terakhir tinggal selipin logo di sela-sela gambar. Daan… jadi deh. Gambar siap ditaruh di blog. Alhamdulillah :D

94 komentar:

  1. subhanallah~ ka dhiba jago banget ya!! >,<
    mau tanya dong, ka! scanner itu harganya berapa ya?? terus nyari'a dimana??

    makasih!! ma'af ngerepotin... Sukses terus ya ka!! FGHTING!!! p(`~`)q

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...

      Hm, yang saya tahu, kalo gak salah di toko komputer, tempat servis komputer, dan toko buku besar kayak Gramedia dan Gunung Agung jual scanner. Harganya bervariasi tergantung macemnya. Yang paling murah yang saya tahu 600rb-an, yang termahal sampe belasan juta (ini baru setahu saya lho). Makanya, saya lagi nabung biar bisa beli :) Doain ya :)

      Hapus
    2. oh~ gitu... ^o^
      makasih infonya ka~ :)

      iya~ saya doa'in. semoga ka dhiba bisa beli scannernya jd bisa terus berjihad t(-_-t) amin ya robb!!

      sukses ya ka~ SEMANGAT!!! '-')9

      Hapus
  2. Subhanallah prosesnya panjang, semoga bisa jadi ladang amal ya teh Dhiba :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ditulis gini memang panjang, tapi kalo dijalani insya ALLAH gak gitu susah kok. Aamiin :)

      Hapus
  3. subhanallah.. proses pembuatannya cukup panjang juga ya mbak
    salut deh kalau bisa ngeluangin waktu tiap hari demi berdakwah lewat gambar :)

    tetep semangat ya mbak! :)

    BalasHapus
  4. Mbak Dhiba kuliah jurusan apa? Kok jago gambar sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Pas di IPB saya di Teknik Mesin & Biosistem, kalo sekarang di Sastra Jepang. Hehe, nggak nyambung ya?

      Hapus
    2. Uwaah, Sastra Jepang? Pantesan gambarnya bagus2. Kapan2, bikin manga ala muslimah Mbak. Pasti banyak yang suka. Apalagi gambarnya lucu-lucu. Ntar ceritanya saya yang buatin. Hehe.
      Semangat ya Mbak. Jazakillah sudah ngepost gambar2 yg membuat muhasabah-booster sy naik :)

      Hapus
    3. Sekarang kul jurusan sastra jepang dimana mbak?

      Hapus
    4. Di Universitas Darma Persada di Pondok Kelapa. Kapan-kapan main ya :D

      Hapus
  5. Assalamualaikum Dhiba, masih jago gambar aja. Pertahankan ya ciri khasnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah. Wah, ada Imam :D
      OK deh, sip, insya ALLAH.

      Hapus
  6. Assalamu'alaikum, saya kagum dengan mbak dhiba ini. Tapi saya boleh kritik (insya Allah bisa membangun) yaitu untuk penggunaan software yang digunakan apakah aseli ato bajakan. Mohon diterangkan juga,,,mohon maaf sebelumnya. Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.

      Laptop saya adalah laptop hibah dari beasiswa yang saya dapat saat di IPB, dan bersama laptop itu saya diberi sejumlah CD driver jika laptop saya bermasalah. Saya pun hanya menggunakan software yang sudah ada di laptop tersebut. Silakan dinilai sendiri ya software tersebut asli atau palsu.

      Hapus
  7. Lebih amannya, mungkin menggunakan aplikasi open source karena tidak akan bisa membedakan antara bajakan atau asli...tapi mohon maaf ini hanya saran semoga bisa membangun. terimakasih dan salam kenal

    BalasHapus
  8. asl. saya dwi mbak..
    saya juga suka gambar kayak mbak...
    terima kasih bermanfaat banget..
    trus ngatur keblognya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ? Maaf, saya kurang begitu paham pertanyaannya. Maksudnya cara masukin gambar ke blog ya? Caranya sama seperti masukin gambar ke post-post biasa, gak berbeda kok.

      Hapus
  9. Magic! Keren Mbak.. Simple tapi pewarnaannya rapi bgt.. :D
    Kalau saya Full Sofware.. haxhaxhax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      Wah, subhanallah, keren atuh, bisa digital. Saya malah buta... -_-

      Hapus
    2. tapi sy cuma iseng buatnya.. aslinya saya nulis aja.. Setiap komiknya simple bgt mbak, tapi kok aku ngrasa bagus bgt lhoo.. hehe.. kalau mau jalan2 ke blognya saya(ngarep di follow sih..) www.el-chemy.blogspot.com

      Hapus
  10. subhanallah.. keren postingannya,, komik2nya juga..

    BalasHapus
  11. subhanallah...
    mksh ka dhiba komik-komik kk bisa jd pengingat diri :)

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum... ijin share yaa ukhti, sangat bermanfaat sekali media penyampaian yg menarik ukh dibha...ahibbuka filla, salam santun ukhwah ukhti:) <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Silakan, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  13. wah, keren mbak dhiba :)
    saya jadi negfans :D
    mbak saya juga suka coret2 kertas..
    n bikin komik, kadang discan, kadang pu;a cuman difoto buat dishare manfaatnya ke fb :D
    wahh.. perlu belajar banyak sama mbak dhiba

    ngga dibukuin ato dibikin komik aja mba? kereen lho.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sedang dalam proses. Doakan saja ya :)

      Hapus
  14. Subhanallah mb.. Gambarnya bagus2. Memotivasi & menginspirasi ^_^

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum wr wb

    Halo kak dhiba
    aku uli
    salam kenal :)


    seharian ini aku ngubek-ngubek blog ini loh :D maap ya...

    dan satu kata buat karya-karya kakak...
    "SUGOOOOOOOIIII"

    ^_^

    Oh ya aku juga punya punya blog loh kak
    kalo sempat mampir ya kak

    http://uliloranisugandi.blogspot.com

    sekali-kali pengen deh tulisanku dikasih ilustrasi atau komik hasil karya kak dhiba..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah. Salam kenal, Uli.

      Alhamdulillah :)

      Hapus
  16. Subhanallah...Salam kenal mba Dhia,aku baru nemu blog mba nih..tertarik sekali gambar plus note'y..:)

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum

    salam kenal mbak :DDD blog nya keren sekali, mengispirasi dan memotivasi saya. semangat terus mbak, terus berkarya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Alhamdulillah, makasih ya :)

      Hapus
  18. Suka banget ka ^_^

    Asli aku paling pengen bisa gambar dari dulu..
    cuma yah gitu deh :D

    Salut dengan proses yang cukup panjang&memakan waktu. ^_^
    Suka banget hehe :D

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum

    Wah makasi ya kak
    jadi inspirasi dan motivasi ku untuk lebih giat menggambar lagi

    mampir ya kak di tempatku Aragorn Putra Eriawan

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Alhamdulillah, sama-sama. Sip, insya ALLAH saya mampir :)

      Hapus
  20. quaneish avicenna31 Maret 2013 18.25

    Assalamualaikum mbak dhiba..
    subhanallah...comic2nya jamil jiddan..
    salut deh buat mbak..
    gambar mbak gak ada apa2nya dibanding gambar ana..gambar ana amburadul banget..*hehehe buka kartu sendiri..
    mau ngasih saran nich mbak..
    kenapa gag dibikin buku aja ya mbak?
    pasti seru tuch !!!
    o,ya mbak boleh minta e-mailnya gag?
    biar kita bisa saling taarufan..
    dan sekalian nanya2 tentang how to istiqomah out the comfort zone...
    jazakillah mbaak..
    uhibbuki fillah..<3

    assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Alhamdulillah :)
      Iya, insya ALLAH sedang dalam proses, tapi sayanya lagi super sibuk, jadi mandeg dulu.
      Kalo mau kirim email bisa ke dhibaa.u@gmail.com lho. Saya tunggu ya ^^
      Uhibbuki fillah..

      Hapus
  21. Subhanallah... pengen bikin,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dicoba bikin aja, insya ALLAH gak susah kok :)

      Hapus
  22. assalammualaikum wr.wb, ukhti dhiba kerenn masyaalloh ^_^
    apa saya bisa? harus berusaha dicoba ya ukhti, oh ya salam kenal nama saya seni lestari dr bandung.
    izin copas gambar komik ukhti dhiba insyaalloh untuk berdakwah ^_^ di pajang di desktop pc kantor, di pp bbm gppkan ukhti?semoga ukhti dhiba mengizinkan , dan seni tetap mencantumkan logo/simbolnya, tp suka ada beberapa yg terpotong heheh ^_^ afwan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. Salam kenal juga, Seni :)
      Alhamdulillah, silakan, gak papa kok :)

      Hapus
  23. dhibaa......
    Awalnya gak ngeh, ini blog siapa ya..
    tapi rasanya gak asing..
    ternyata kamu... >.<
    Apakabarmu ukht??
    lama tak bersua.. T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wai, ada icha! :D
      Alhamdulillah, baik, Icha, baik.
      Hahaha, iya nih. Insya ALLAH kalo ada waktu kita kumpul2 yuk :)

      Hapus
  24. Assalamu'alaikum kak dhiba >w<
    abis liat komik-komik kak dhiba,
    saia jadi semangat bikin komik muslimah juga >w<)9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Subhanallah walhamdulillah, gud, gud, saya dukung banget ^ ^

      Hapus
  25. aku suka karya kak dhiba karna ALLAH ^_^

    BalasHapus
  26. subhanallah ukhty.... sy suka gambar2nya... boleh ndak saya copy gambarny....trus sy jadiin pin atw stiker???? mau di jadiin souvenir unt pasien hheee...... trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      Selama tidak dikomersilkan, silakan saja :)

      Hapus
  27. gmn ya kak cra ngembangin hobi lukis n mnggambar lg yg udah skian lm gk prnah review"... padahl keinginn unntuk mlkuknnya msh ada, tp tangan udh kaku gtu,, gmn ya kak?? terinspirasi ni sama gambar kakak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang serius berniat untuk melakukan lagi, ya dimulai lagi saja pelan-pelan. Ada kemauan ada jalan, tapi yang membuat kita sampai tujuan bukan kemauan, melainkan kerja nyata yang kita lakukan :)

      Hapus
  28. wah.. ka dhiba jago..
    aku kog gak bisa-bisa ya? >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      Saya juga gak langsung bisa kok. Kalo bandingin gambar saya di awal-awal sama yang sekarang, pasti keliatan bedanya...

      Hapus
  29. Subhanaallah...

    Kapan-kapan saya boleh request ya mbak,hehehe

    BalasHapus
  30. subhanallah.. :)
    suka banget sama komik-komik mbk dhiba.. ^_^ inovatif+inspiratif..
    mbk kalo mau request komik lewat email ato gmn ya mbk?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      Bisa lewat email, bisa juga lewat komentar di blog seperti ini :)

      Hapus
    2. iya mbk.. makasih banyak..
      mbk.. req komik biar swmangat kuliah buat mahasiswi baru ya mbak.. :D

      Hapus
    3. Sip, insya ALLAH udah dimasukin ke daftar request kok, ditunggu aja ya :)

      Hapus
  31. sbhanallah ka dhiba..
    saya jadi semangat belajar menggambar komik :D hehe
    kapan" bisa request dong ka? hehe

    BalasHapus
  32. assalamu'alaikum ka dhiba...
    senang bisa kenal sama blog nya mba dhiba...
    saya jadi tertarik untuk bkin gambar dan menulis lagi...
    btw, sudah menjadi sebuah buku kah..??
    boleh pesan? karena lucu, sederhana, dan menginspirasi...

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah. Salam kenal juga :)

      Alhamdulillah, sekarang sedang sedang dalam proses. Kalo sudah terbit insya ALLAH dikabari di blog kok. Ditunggu saja ya :)

      Hapus
  33. subhanallah... pengen dunk belajar.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal ada kemauan insya ALLAH ada jalan. Kalo udah bertekad, insya ALLAH pasti bisa kok ^ ^

      Hapus
  34. assalmu'alaikum.. kak Dhiba salam kenal, seneng bisa kenal blognya kakak..
    subhanallah kak, komik muslimahnya keren-keren dan sangat inspiratif,, saya izin download yahh karya-karya kakak :)
    syukron kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah. Salam kenal juga :)
      Alhamdulillah, silakan :)

      Hapus
  35. Assalamu'alaikum mbak!
    haha... baru deh, nemuin blog ini... saya juga suka bikin komik muslimah berjilbab.. sayangnya masih belum bisa ngebedain karakter sama wajah... hehehe... soalnya mukanya gitu2 juga jadinya... sama semua! hehe... maklum, biasanya dari kecil bikin gambar itu yg g pake kerudung. liat postingan komik mbak dhiba yang keren dan kocak abis tapi tetep berdakwahh... hmm.. jadi pengen ikutan deh! seneng dan jadi semangat lagi buat ngegambar. oh iyaa,, kalo tulisannya gak diorek sama scanner gmn? jadi tetep d tulis pake drawing pen? kira2 hasilnya gmn... saya buta dan ga melek sama edit2an... hehehe... Jazakallah! salam kenal dari Bintang buat mbak Dhiba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.

      Alhamdulillah, salam kenal juga :)

      Kalo tulisannya tetep pake drawing pen juga gak masalah kok, saya kadang-kadang juga gitu ^ ^ Cuma, kalo tulisannya ditulis pake pensil dulu sebelum ditebelin pake drawing pen, ngapus pensilnya harus bener-bener bersih, karena kalo gak, pas di-scan jadi kotor dan sulit dibersihin. Trus tulisannya juga mesti rapi, paling gak bisa kebaca (tulisan saya gak rapi sih, jadi saya lebih suka edit tulisan di Paint, hehe). Itu aja deh kayaknya. Selebihnya sama aja :)

      Hapus
  36. Assalamu alaikum
    subhanallah inspiratif, sy suka gamabr komik tapi belum kepikiran untuk dipublis dan di seriusin..baca blog ini jd punya semangat...salam kenal dan semoga bisa share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah. Salam kenal juga :)
      Alhamdulillah. Wah, sesama pehobi gambar :D Silakan, silakan, senang sekali kalo yang ikut berdakwah di bidang ini semakin banyak ^ ^

      Hapus
  37. makaci ya mba, udah share cara buat pic yg di sini.... makaciiiiiiiiiiiiiiii bangetssss

    BalasHapus
  38. Wah gambarnya bagus banget. Boleh dong aku diajarin? Soalnya kalo aku gambar hasilnya pasti jelek :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah :)
      Lha itu gambar di foto profilnya bagus banget kok!

      Hapus
  39. Assalamu'alaikum, wr, wb... salam kenal mbak dhiba...
    subhanallah bagus banget komik2nya... komik serat dakwah... izin share komiknya di Fb Perpustakaan MI Al-Azhar Samarinda ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. Salam kenal juga.
      Alhamdulillah, silakan :)

      Hapus
  40. Assalamu'alaikum... Teteh Dhiba yang dirahmati Allah.. melihat blog Teteh tak bosan-bosannya saya membaca dari ujung sana sampai ujung sini... Sueneng sekali.. ^^
    Alhamdulillah ketemu teteh.. Ana juga suka gambar-gambar.. sempat ada keinginan untuk share di khalayak umum.. tapi sampai sekarang masih juga belum juga di laksanakan.. hoho... penyakit malas.com
    Doakan ya teteh.. bisa mengikuti sepak terjang teteh dalam berda'wah bil-komik.. :')
    terharu banget ana.. ><

    Salam sejahtera untuk teteh dan keluarga teteh.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam warahmatullah.
      Alhamdulillah, senang sekali ketemu saudara yang juga suka gambar ^^
      Aamiin, insya ALLAH saya doakan kok, dan terima kasih banyak ya :)

      Hapus
  41. Subhanallah gambarnya.. semoga ana bisa kaya mba ya, pinter gambar kartun muslimah, biar nanti bisa dakwah dalam bentuk ilustrasi gitu.
    Keren mba, ana pengen :D
    oya sebelumnya salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Aamiin, insya ALLAH saya doakan kok.
      Salam kenal juga :)

      Hapus
  42. wah, ternyata prosesnya lumayan ribet ya,, pantes hasilnya bagus2. :)
    dari dulu pengen bisa gambar komik2 gitu, lihat gambar2 mba dhiba jadi terinspirasi, apalagi bisa jadi ladang dakwah..salut deh mba dhiba, salam kenal.. :)

    BalasHapus
  43. amazing.
    aku suka sketsa muslimah
    aku jg suka proses dan hasinya dari sketsa mba dhiba

    BalasHapus