Minggu, 17 Juni 2012

alasan gak berjilbab #8

(untuk memperbesar tampilan gambar, klik pada gambar)
 
Hayooo, pilih yang manaaa? :)

2 komentar:

  1. asalamualaikum kak,

    kak aku suka sama komik2 yang kaka buat, aku juga sering ngesave komik kaka di laptopku. terus aku juga kadang2 yang menurutku bagus komiknya aku upload di facebook atau twitter aku, tapi aku nggak merubah atau menghilangkan sesuatu di gambarnya. tapi aku bingung kak kan di Tab menu 'Tentang blog ini' kita harus mencantumkan nama pembuat komik/nama blog ini. aku jadi bingung kalau aku nge-upload foto di komik ini ke fb-ku tapi aku nggak cantumin nama kk/blog ini aku melanggar peraturan di blog ini apa enggak kak. Tolong kasih penjelasannya ya kak. makasih ;)

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam warahmatullah.

    Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa saya menyarankan untuk mencantumkan nama saya / blog ini saat copas atau share komik.

    Satu, seperti yang saya tulis di 'Tentang Blog Ini', adalah sebagai ajang silaturrahim dan agar yang membaca bisa dapat manfaat yang sama. Satu komik pasti dinilai berbeda oleh orang yang berbeda. Beberapa orang mungkin suka dengan komik yang di-share tersebut, tapi ada beberapa yang mungkin kurang suka. Jika sumbernya dicantumkan, orang-orang ini (yang suka maupun yang kurang suka) bisa langsung datang ke sumber agar dapat memilih komik-komik lain yang lebih mereka sukai di blog ini. Ini yang saya maksud dengan 'mendapat manfaat yang sama': bukan manfaat terhadap satu komik saja, tapi manfaat terhadap blog ini secara keseluruhan.

    Dua, kalau orang yang melihat komik ini di situs lain punya kritik atau saran, dia tahu mesti ke mana kritik dan sarannya dialamatkan. Bukan ke orang yang share atau copas (selama kontennya tidak diubah, mereka tidak bertanggung jawab atas komik tersebut), tapi langsung ke yang bertanggung jawab atas komik itu, yaitu yang buat.

    Tiga, untuk mengurangi klaim hak milik yang keliru. Hasil share/copas berkali-kali tanpa mencantumkan sumber bisa membuat orang berpikir bahwa orang yang share/copas itulah yang membuat. Ini bisa memicu masalah di kemudian hari, contohnya saat orang yang pernah ke blog saya melihat ada komik saya di-share di situs lain tanpa mencantumkan sumber, maka dia akan menganggap orang yang share itu sudah 'mencuri' komik saya (sayangnya, ini udah beberapa kali kejadian). Jujur, saya gak enak saat nulis bagian ini, karena saya yakin orang yang share/copas komik-komik dari blog ini insya ALLAH niatnya adalah untuk menyebarkan kebaikan ke orang lain, dan tidak pantas disebut 'pencuri'. Karena itu, saya sarankan untuk mencantumkan sumber, agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

    Demikian :)

    BalasHapus